Terkini

Kantor Pertama PBNU Ini Dapat Kamu Kunjungi Saat Hadiri Harlah 1 Abad NU

92
×

Kantor Pertama PBNU Ini Dapat Kamu Kunjungi Saat Hadiri Harlah 1 Abad NU

Sebarkan artikel ini
Harlah 1 Abad NU
Kantor pertama PBNU, kini menjadi Kantor PCNU Kota Surabaya

BERITABANGSA.ID – SURABAYA – Hari lahir (Harlah) 1 Abad Nahdlatul Ulama akan dilaksanakan pada Selasa, 07 Februari 2023 di Stadion Delta Sidoarjo Jawa Timur.

Acara ini diperkirakan akan dihadiri 1 juta lebih jemaah nahdliyyin dari seluruh penjuru se-Indonesia.

Tentunya belum lengkap rasanya apabila setelah mengikuti acara penting ini, para jemaah nahdliyyin belum berwisata di daerah setempat.

Salah satu tempat wisata bersejarah yang dapat dikunjungi para jemaah nahdliyyin usai menghadiri Harlah 1 Abad NU adalah kantor pertama PBNU, yang kala itu bernama Hoofd Bestuur Nahdlatoel Oelama, Jalan Sasak Nomor 66 Surabaya, Jawa Timur.

Kantor PBNU ini berdiri pada 1926 dan sampai saat ini masih terawat dan tidak berubah sedikit pun arsitekturnya masih sama ketika pertama kali didirikan.

Ketua Umum PBNU, KH. Yahya Cholil Staquf pernah menyampaikan bahwa kantor ini adalah saksi bisu pergerakan NU selama ini.

“Kalau kita berpikir tentang kesetiaan, tentang perjuangan, di tempat inilah kesetiaan itu ditambatkan,” ucap Gus Yahya saat melakukan kunjungan ke kantor pertama PBNU ini setahun lalu, tepatnya pada Harlah ke 99 Nadlatul Ulama.

Ketika menyampaikan sambutannya, Gus Yahya saat itu terlihat berupaya menahan haru. Beberapa kali putra pertama KH Cholil Bisri itu terdiam cukup lama dengan matanya yang mengembang.

Dia seakan hanyut dibawa ke masa lalu. Seolah di matanya tampak jelas para pendiri NU duduk menyaksikannya atau sedang bermusyawarah merumuskan masa depan agama dan bangsa Indonesia yang amat mereka cintai.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *