Terkini

Dewi Keris Aeng Tongtong Sumenep Juara I ADWI 2022 Kemenparekraf

130
×

Dewi Keris Aeng Tongtong Sumenep Juara I ADWI 2022 Kemenparekraf

Sebarkan artikel ini
Dewi Keris
Gubernur Khofifah saat melihat keris produksi Desa Aeng Tong Tong

BERITABANGSA.COM-SURABAYA– Prestasi membanggakan ditorehkan Desa Wisata (Dewi) Keris Aeng Tongtong Kabupaten Sumenep di ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022 besutan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

Diikuti 3.419 Dewi dari 34 provinsi di seluruh Indonesia itu, Desa Aeng Tongtong, Kabupaten Sumenep berhasil menyabet dua gelar di ajang tersebut.

Scroll untuk melihat berita

Pertama, Desa Aeng Tong Tong, memecahkan rekor MURI sebagai desa dengan empu keris terbanyak di dunia.

Kedua, Desa Aeng Tongtong, juga dinobatkan sebagai Juara I ADWI 2022 kategori daya tarik pengunjung.

Dari sini, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, menyampaikan apresiasi dan rasa syukurnya.

Kata Khofifah, capaian ini adalah buah dari keuletan dan kreativitas warga Desa Aeng Tongtong dalam melestarikan warisan budaya leluhur.

“Bangga bercampur bahagia mendapat kabar Desa Aeng Tongtong, Sumenep berhasil menyabet Juara 1 Kategori daya tarik pengunjung di anugerah desa wisata Indonesia (ADWI) 2022,” tegas Gubernur Khofifah, Kamis (03/11/2022).

“Tidak berhenti di situ, Dewi Keris Aeng Tongtong juga berhasil mendapatkan rekor MURI sebagai desa wisata dengan jumlah empu keris terbanyak di dunia. Ini menjadi prestasi membanggakan dari Kabupaten Sumenep,” lanjutnya.

Lebih lanjut kata Khofifah, ada keunggulan Desa Aeng Tongtong sehingga mampu memecahkan rekor MURI sebagai desa dengan empu keris terbanyak, terdiri dari 446 empu, terbagi dari 440 empu laki-laki dan 6 empu perempuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *