Terkini

Beri Perlindungan ke Masyarakat, Khofifah Resmikan Huntap KIP

302
×

Beri Perlindungan ke Masyarakat, Khofifah Resmikan Huntap KIP

Sebarkan artikel ini
KIP
Khofifah saat meresmikan hunian tetap Kampung Indah Permai (KIP), Trenggalek

Lebih lanjut, Cak Ipin mengatakan bahwa masyarakat yang saat ini sudah mulai menempati huntap, menyampaikan rasa gembiranya.

“Karena mereka sudah punya rencana, apalagi yang dapat rumah di bawah. Karena bisa dijadikan lahar parkir dan tempat menyimpan gabah,” ucap Cak Ipin.

Diakhir, dirinya juga mengatakan bahwa masih ada tugas yang harus dilakukan oleh Pemkab Trenggalek. Yakni mencari lahan dan mendirikan huntap untuk sisa dari rumah warga terdampak yang masih belum direlokasi.

“Kami sedang upayakan untuk mencari lahan dengan sinergi bersama Baznas. Kemarin ada donasi senilai kurang lebih Rp. 891 juta itu nantinya sebagian akan kita belikan tanah. Tentunya tidak dengan mengurangi jumlah hutan di Trenggalek,” ujarnya.

“Terima kasih atas gerak cepatnya Ibu Gubernur. Termasuk juga respon cepat saat kami mengajukan lahan relokasi dan Ibu langsung menghibahkan 4.500 m2. Ibu Gubernur juga tetap berkomitmen untuk merelokasi keseluruhan rumah terdampak yakni 50 rumah tangga dengan memberikan fasilitas pinjam pakai sebagai ekonomi pemberdayaan masyarakat sekitar,” katanya.

Salah seorang warga yang terdampak longsor dan tanah gerak, Wiwin (27) merasa sangat terbantu dengan adanya hunian tetap yang diresmikan hari ini. Wiwin yang tinggal bersama suami dan dua orang anaknya mengaku sempat tertekan dan kebingungan ketika bencana terjadi, terutama karena ia tidak tahu di mana tempat mengungsi yang aman.

“Rasanya tidak karu-karuan ketika ada bencana alam itu. Apalagi saya tidak tahu harus mengungsi ke mana. Tapi lalu ibu gubernur datang mengunjungi dan memberi tempat relokasi yang aman. Sekarang dengan adanya rumah ini kami juga bisa lebih tenang di sini bersama dua orang anak,” katanya.

Hal sama diucapkan Rizki yang berusia 15 tahun. Ia merasa lebih tenang dengan adanya hunian baru ini setelah bencana November lalu. Bersama ibu dan kakak perempuannya, ia mengatakan bahwa hidupnya sehari-hari akan kembali terasa aman berkat huntap ini.

“Saya tinggal di sini sama mbok dan mbak, sehari-hari rasanya jadi lebih tenang karena sudah ada tempat tinggal baru yang nyaman dan aman. Tempatnya juga indah sekali,” ucapnya.

Usai acara, Warji (51) yang rumahnya dahulu terdampak longsor ringan mengucapkan rasa suka citanya.

“Alhamdulillah saya dapat rumah disini. Saya sangat merasa tenang dan nyaman. Semoga juga rumah ini tetap aman dan membawa rezeki bagi kami yang menghuninya,” pungkasnya.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *