Terkini

50 Persen Penduduk Dunia akan Gunakan Kacamata

64
×

50 Persen Penduduk Dunia akan Gunakan Kacamata

Sebarkan artikel ini
Kacamata
Prof. Dr. dr. Nila Djuwita Faried Anfasa Moeloek, Sp.M(K) saat menerima piagam penghargaan dari Rektor Unusa Prof. Dr. Ir. Achmad Jazidie, M.Eng

BERITABANGSA.ID-SURABAYA– Diprediksi 50 persen penduduk dunia akan menggunakan kacamata di era digital, hal ini disampaikan Menteri Kesehatan RI periode 2014 hingga 2019 Profesor Nila Djuwita Faried Anfasa Moeloek, saat menjadi narasumber dalam stadium general di Fakultas Kedokteran (FK) Unusa, Jumat (13/01/2023).

Nila menyebutkan masuknya era digital menjadikan banyak penduduk dunia akan banyak menggunakan kacamata.

“Saya bukan tidak suka dengan digital, saya suka era digital karena semua serba cepat, namun tetap harus diatasi dengan baik dengan koreksi pengkacamataan,” ungkapnya dalam kuliah umum dengan mengangkat tema eyes health lifestyle for geb z in digital era.

Penggunaan alat digital seperti HP, komputer dan lainnya membuat mata akan mudah lelah.

“Kita harus menjaga kesehatan mata dengan pemeriksaan mata sehingga bisa mengubah kacamata jika mengalami perubahan,” ungkapnya.

Nila menyebutkan ada beberapa teknik tersendiri untuk mengatasi mata lelah dengan teknik 20-20-20. Di mana 20 menit yang dihabiskan untuk menatap layar, sehingga anda harus mengistirahatkan mata dengan melihat benda yang berjarak 20 kaki atau enam meter selama 20 detik.

“Kita harus melihat jauh untuk mata lepas melihat benda yang jauh, jadi kita harus mengistirahatkan mata kita,” ungkapnya.

Nila menjelaskan kesehatan mata saat ini tengah dilirik oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), karena kesehatan mata itu sangat penting untuk pencapaian SDGs yang merupakan menurunkan angka kemiskinan di dunia.

“Kita akui pendidikan memerlukan pengelihatan, pekerjaan memerlukan pengelihatan, bahkan lansia pun juga memerlukan pengelihatan karena mereka harus tetap bersosialisasi,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *