Pemkab Probolinggo Gelar Vaksinasi Jenis Moderna Pertama Kali Di Masyarakat Umum

Salah satu warga yang ikut vaksinasi
Salah satu warga yang ikut vaksinasi Jumat (15/10/2021) | Foto: Yuliono

Beritabangsa.com, Probolinggo – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo mulai menggelar vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat umum menggunakan vaksin Moderna. Syarat warga yang ingin mendapatkan dosis ini yaitu belum pernah menjalani vaksinasi Covid-19 sama sekali. Jum’at (15/10/21).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo dr. Shodiq Tjahjono melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Mujoko mengatakan vaksinasi Covid-19 menggunakan vaksin Moderna ini pertama kalinya dilakukan kepada masyarakat umum di Kabupaten Probolinggo. Sebelumnya vaksin ini hanya diberikan untuk tenaga kesehatan.

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  Digadang Bakal Maju Bareng Ganjar di Pilpres 2024, Khofifah Tersipu
banner 1024x1453

“Memang kita mempunyai stok vaksin Moderna 8.000 lebih dan jangan sampai stok ini kadaluarsa. Sebab tenaga kesehatan sudah diberikan dosis ke-3, kecuali yang kontra indikasi,” katanya.

Oleh karena itu jelas Mujoko, untuk pemanfaatan vaksin Moderna ini akhirnya diputuskan diberikan kepada masyarakat umum dengan catatan untuk dosis 1 dan dilanjut dosis 2, sehingga bukan untuk booster.

Tapi dengan catatan masyarakat yang betul-betul bisa diedukasi dan mengerti manfaat nilainya, termasuk efek samping yang terjadi pada dirinya. Karena menurutnya vaksin Moderna efikasinya sangat tinggi dan memberikan reaksi yang cukup serius.

Berita Menarik Lainnya:  Relawan Cangkrukan 83, Kemenangan ErJi Gelar Pasar Gratis di Sidonipah-Simolawang

Tetapi efek sampingnya hanya sehari ataupun dua hari selesai,” jelasnya.

Menurut Mujoko, efektifitas dari vaksin Moderna ini sangat tinggi hingga mencapai 96%.

“Terus terang vaksin Moderna ini diburu oleh seluruh dunia, tetapi karena kita termakan hoax, maka lamban untuk bisa menggunakan vaksin Moderna,” terangnya.

Untuk gejala umum pasca vaksin Moderna ini terang Mujoko secara umum biasa, tergantung respon masing-masing individu.

“Tetapi biasanya meriang, greges, panas dan linu-linu, sehari dua hari selesai. Namun jika itu yang terjadi, maka cukup istirahat, makan cukup, minum banyak serta obat yang diberikan petugas seperti Paracetamol ditambah anti nyeri Asam Mefenamat diminum selesai,” ungkapnya.

Berita Menarik Lainnya:  Peduli Bencana Alam, PAC Ansor Semampir Galang Dana Selama Dua Pekan

Tidak ada efek yang sampai parah, justru setelah itu akan memberikan dampak luar biasa. Tubuh terasa sangat fit dan segar.

“Terus terang sejak saya divaksin Moderna itu, batuk juga jarang dan sering bersentuhan dengan semua komunitas yang luar biasa, Alhamdulillah masih diberikan sehat setiap hari,” tegasnya.

Mujoko mengharapkan agar pada akhir Nopember 2021 mendatang target 70% vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Probolinggo sudah tercapai.

“Karena itu merupakan target capaian vaksinasi agar bisa membentuk herd immunity. Selain itu, masyarakat bisa sadar jika butuh vaksin,” harapnya.

banner 1024x1280

Pos terkait

banner 1024x697

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *