Pemekaran Dapil Pileg 2024, SSC : KPU Kota Surabaya Perlu Terobosan Baru Pelibatan Publik

Foto: Surokim Abdussalam, Peneliti Senior SSC (Surabaya Survey Center)

Beritabangsa.com, Surabaya – Wacana pemekaran Dapil kota Surabaya pada kontestasi pileg 2024 mulai ramai diperbincangkan di publik. Pasalnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Surabaya sudah melakukan hearing bersama komisi A di gedung DPRD kota Surabaya.

Perihal itu, Surabaya Survey Center (SSC) menyampaikan agar KPU kota Surabaya membuat terobosan baru dalam penentuan dapil kota Surabaya tahun 2024 dengan melibatkan warga kota Surabaya secara luas diantaranya dengan melalui survey.

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  NasDem Usung 3 Nama Bacapres Dipuji, Kirim Sinyal ke PDI-Perjuangan
banner 1024x1453

“Selama ini penentuan dapil di kota Surabaya dalam pemilu-pemilu sebelumnya terkesan sangat elitis hanya melibatkan para pakar, politisi parpol, kelompok-kelompok peduli pemilu dan belum bertanya langsung kepada publik Surabaya,” kata Surokim Abdus Salam,
Peneliti Senior SSC (Surabaya Survey Center), Senin (24/5/2021).

Menurut Surokim pelibatan langsung warga kota Surabaya akan lebih partisipatif dan lebih luas serta mendalam tentang bagaimana aspirasi, kehendak publik Surabaya, sehingga penentuan dapil akan dilandasi dengan pertimbangan yang lebih komprehensif.

Berita Menarik Lainnya:  Ucapkan Selamat Secara Virtual, Kapolri : Semoga Di Harlah ke-45 Ponpes Nurut Taqwa Melahirkan Generasi Pemersatu Bangsa

“Tidak kaku dan tidak terlalu pragmatis sehingga alas argumen penentuan dapil akan lebih membumi, propublik dan berdimensi masa depan,” tuturnya.

Surokim menambahkan penyelenggara pemilu KPU kota Surabaya harus menjadi pelopor untuk hal ini sebagai tradisi baru pembuatan policy dengan melihat, mendengarkan dan mengetahui dan melibatkan masyarakat.

“KPU dalam membuat kajian tentang hal ini akan sangat elok dan elegan jika bisa bertanya kepada publik Surabaya dengan melalui instrumen survey,” pungkas Dekan FISIB UTM tersebut.

Berita Menarik Lainnya:  Oknum Pegawai Toko Miniso BG Junction Surabaya Diduga Pelayanannya Tidak Sopan

Reporter : Ali Wafa
Publisher : Atho’illah

banner 1024x1280

Pos terkait

banner 600x310

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *