DKM Al-Haq Surabaya Launching Aplikasi Digital SIMMAQ Berbasis Informasi Teknologi

Prosesi launching aplikasi digital SIMMAQ, Minggu (31/10/2021) | Foto: Ali Wafa
Prosesi launching aplikasi digital SIMMAQ, Minggu (31/10/2021) | Foto: Ali Wafa

Beritabangsa.com, Surabaya – Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al-Haq Perumahan Rungkut Permai dan Rungkut Mapan Barat Surabaya melaunching aplikasi digital Sistem Informasi Manajemen Masjid Al-Haq (SIMMAQ) berbasis informasi dan teknologi (IT) di Hotel Novotel Samator Surabaya, Minggu (31/10/2021).

Dr. Eng. Bima Sena Bayu Dewantara, S.ST, MT, Kordinator Proyek  Digital SIMMAQ menyampaikan, aplikasi digital SIMMAQ dirancang sebagai sistem informasi manajemen data base jamaah, manajemen keuangan dan manajemen asset DKM Al-Haq. Sehingga dengan penggunaan aplikasi digital berbasis web ini maka informasi manajemen DKM Al-Haq dapat dilakukan secara real time, dari mana saja dan kapan saja.

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  Bupati Mundjidah Wahab Launching Busana Khas Jombang
banner 1024x1023

“Aplikasi SIMMAQ kami rancang sebagai sistem informasi manajemen digital berbasis web. Sehingga DKM Al-Haq dapat melakukan keputusan manajemen secara real time, dari mana saja dan kapan saja,” kata Bima yang sehari-harinya sebagai Ketua Program Pascasarjana Terapan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) itu.

Dalam paparan launching aplikasi digital SIMMAQ, Bima menjelaskan bahwa salah satu kelebihan SIMMAQ adalah dalam hal pengolahan data base jamaah. Input data base jamaah dapat dilakukan secara mandiri dan dapat diolah berdasarkan umur, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan dan penghasilan.

“Berdasarkan hasil olahan data itu, DKM Al-Haq dapat mengambil keputusan program yang berbasis potensi jamaah,” ungkapnya.

Berita Menarik Lainnya:  PPKM Darurat Berlaku Hari ini, Gubernur Khofifah : Ini Wujud Upaya Selamatkan Warga

Bima menyebut terdapat dua jenis modul SIMMAQ yang akan dilaunching. Yang pertama adalah website sebagai media komunikasi, dokumentasi dan pemberitaan. Yang kedua adalah sistem informasi manajemen masjid Al Haq.

“Sehingga jamaah nanti dapat informasi secara terbuka kepada pengurus,” jelas Bima.

Keterangan foto : Dr. Eng. Bima Sena Bayu Dewantara, S.ST, MT, Koordinator Proyek Aplikasi Digital SIMMAQ saat memaparkan materi SIMMAQ. | Foto: Ali Wafa

Sementara itu, Wahyu P. Kuswanda, Ketua Dewan Pembina DKM Al-Haq menyambut gembira penggunaan aplikasi digital SIMMAQ di DKM Al-Haq.

“Kami menyambut gembira dengan penggunaan aplikasi digital SIMMAQ di DKM Al-Haq. Ini sebagai bukti bahwa DKM Al-Haq senantiasa berupaya mengikuti perkembangan teknologi untuk dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi jamaah,” kata Wahyu.

Berita Menarik Lainnya:  Raker ke-1, PT. MJL BeritaBangsa Perkuat SDM dan Bahas Kesejahteraan Jurnalis

Setelah dilaunching aplikasi digital SIMMAQ ini diharapkan, dapat memperoleh data base para jama’ah dengan baik dan dapat filter dengan program-program masjid, sehingga kemakmuran masjid dapat mensejahterakan masyarakat.

“Setelah dilaunchingnya aplikasi digital SIMMAQ ini tentunya kita akan memperoleh data base para jama’ah. Berdasarkan data base itu nanti dapat kita filter sesuai dengan pekerjaan, penghasilan dan minat. Dengan itu, dapat kita gunakan sebagai dasar program-program untuk kegiatan jama’ah,” tandas Wahyu.

Untuk diketahui, launching aplikasi digital SIMMAQ dilakukan sebagai bagian dari acara Rapat Kerja DKM Al-Haq Tahun 2021. Dihadiri oleh Dewan Pembina, Dewan Pengawas dan Dewan Pengurus DKM Al-Haq.

banner 600x310

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *