Cegah Aksi Teror, Kapolres Tanjung Perak Giat Sterilisasi Gereja

Beritabangsa.com, Surabaya – Menyambut hari Natal 2020, Polres Tanjung Perak melakukan sterilisasi Geraja di wilayah hukumnya, Kali ini dilaksanakan di Gereja Bahtera Hayat, Jalan Laksda M Nasir Surabaya.

Dalam giat ini dipimpin langsung oleh Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak, AKBP Ganis Setyaningrum, untuk memberikan pengamanan pelaksanaan ibadah umat Kristiani sampai jelang hari Natal, Rabu, (23/12/2020).

Bacaan Lainnya
banner 1024x1453

Kegiatan ini juga diikuti Dandim 0830/ Surabaya Utara, Kolonel Inf Sriyono, Kabag Ops Polres Pelabuhan Tanjung Perak AKP Eko Nur Wahyudiono, Danramil Pabean Cantikan dan Kapolsek Pabean Cantikan AKP Kadek Oka Suparta.

Berita Menarik Lainnya:  Mahasiswa ITS Desain Kursi Khusus New Normal Dengan Nilai Budaya

Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak, AKBP Ganis Setyaningrum, mengatakan, dalam kegiatan sterilisasi ini dilakukan sebagai bentuk pelayanan masyarakat, sekaligus pelaksanaan Operasi Lilin Semeru 2020 untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru 2021.

“Polri siap menjaga dan jangan sampai masyarakat yang melaksanakan misa malam Natal maupun misa hari Natal terganggu,” kata AKBP Ganis.

Oleh sebab itu, Polri mengantisipasi hal yang tidak di inginkan. Karena ulah-ulah jahat kelompok radikal yang selalu berusaha memecah belah persatuan dan kesatuan lewat aksi-aksi teror.

“Untuk itulah sterilisasi gereja kami laksanakan hari ini, karena besok gereja-gereja ini akan melaksanakan misa malam Natal,” ucapnya.

Berita Menarik Lainnya:  Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Pimpin Pengamanan Roadshow Serikat Pekerja Secara Humanis

Adapun pelaksanaan sterilisasi yakni, satu regu Raimas Polres Pelabuhan Tanjung Perak, 1 Unit K-9 Polres Pelabuhan Tanjung Perak dan 1 unit Satlantas Polres Pelabuhan Tanjung Perak beserta Satpol PP Pemkot Surabaya.

“Mulai saat ini, seluruh bagian gereja diperiksa dengan teliti, untuk mengantisipasi adanya barang-barang berbahaya seperti senjata api, bahan peledak dan senjata tajam yang bisa mengganggu kekhusyukan ibadah Natal,” ungkapnya.

Saat kegiatan ini tidak ditemukan adanya barang-barang mencurigakan yang bisa digunakan untuk aksi teror. Selanjutnya, selesai dari Gereja Bahtera Hayat, rombongan meneruskan sterilisasi di Gereja Pantekosta, Jalan Rajawali.

“Seperti sebelumnya, disini juga dilakukan pemeriksaan di seluruh bagian gereja. Termasuk tempat duduk jemaat dan mimbar untuk khotbah pendeta,” terangnya.

Berita Menarik Lainnya:  Kapolres Bekali Ratusan Siswa-siswi SMPN 2 Pasirian dari Dalam Bioskop

Setelah melakukan sterilisasi di dua gereja besar di wilayah hukum Polsek Pabean Cantikan ini, Kapolres dan rombongan melanjutkan sterilisasi di gereja wilayah hukum Polsek Krembangan.

“Sasarannya yakni Gereja Santo Mikael di Jalan Tanjung Sadari. Dimana rombongan tiba pukul 15.00 dan segera melaksanakan sterilisasi tersebut,” jelasnya.

Kapolsek Krembangan Kompol Redik Tribawanto juga ikut mendampingi bersama Danramil Krembangan serta Camat Krembangan.

“Satu persatu bagian gereja diperiksa dengan teliti dan dipastikan tidak ada barang-barang berbahaya dan mencurigakan seperti bahan peledak, senjata api maupun senjata tajam. Alhamdulillah, semuanya bersih, aman terkendali,” pungkasnya.

Reporter : Umar

banner 1024x1280

Pos terkait

banner 1024x697

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *