Berita Utama

ASO di Surabaya Dimulai Selasa Besok Pukul 24.00

51
×

ASO di Surabaya Dimulai Selasa Besok Pukul 24.00

Sebarkan artikel ini
ASO

BERITABANGSA.COM-SURABAYA– TV analog atau Analog Switch Off (ASO) tahap berikutnya bergiliran akan dimatikan di Surabaya dan sekitarnya yang masuk wilayah Jawa Timur-1 pada Selasa (20/12) pukul 24.00.

“Kami dan semua lembaga penyiaran bersepakat menghentikan siaran analog ke siaran tv digital pada tanggal 20 Desember 2022 pukul 24.00 untuk wilayah Jawa Timur-1,” ujar Usman Kansong, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Jumat (9/12).

Scroll untuk melihat berita

Sebagai informasi, wilayah siaran Jatim-1 meliputi 10 kabupaten dan kota, yakni Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Jombang, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Gresik, Kabupaten Bangkalan, Kota Pasuruan, Kota Mojokerto, dan Kota Surabaya.

Usman menambahkan distribusi set top box (STB) di wilayah ini sudah mencapai 100 persen sebelum tanggal tersebut.

“Distribusi set top box (STB) untuk keluarga miskin di Jatim-1 sudah mencapai 100% sebelum tanggal 20 Des 2022,” jelasnya.

Kesepakatan untuk melaksanakan ASO ini disambut baik oleh Kominfo. Kominfo juga menyambut baik komitmen penyedia STB dan TV digital terkait ketersediaan perangkat penunjang ini.

“Kominfo menyambut baik kesepakatan lembaga penyiaran menghentikan siaran analog (ASO) pada tanggal 20 Desember 2022 pukul 24.00,” tutur Usman.

Kementerian Kominfo juga menyambut baik komitmen Gabungan Pengusaha Elektronika (Gabel) yang merupakan asosiasi vendor STB.

“Siaran digital menjamin ketersediaan STB di pasaran dengan harga terjangkau,” lanjutnya.

Atas rencana ini, Kominfo mengimbau masyarakat untuk segera melengkapi kebutuhan untuk dapat menikmati siaran TV digital.

“Salah satunya dengan alat STB jika TV di rumahnya belum menunjang teknologi DVB-T2,” tutupnya.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *