Berita Utama

2019-2022 Provinsi Jatim Raih 198 Penghargaan Internasional hingga Nasional

58
×

2019-2022 Provinsi Jatim Raih 198 Penghargaan Internasional hingga Nasional

Sebarkan artikel ini
Jatim 198 penghargaan
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawnsa (kerudung putih)

BERITABANGSA.COM-SURABAYA– Jawa Timur adalah provinsi yang meraih segudang prestasi. Siapa gubernurnya? Ya. Khofifah Indar Parawansa, sosok mantan Menteri Sosial ini menahkodai Jatim.

Di bawah kepemimpinannya, sejak Pebruari 2019 hingga 12 Oktober 2022 Pemerintah Provinsi Jawa Timur telah berhasil meraih 198 penghargaan, baik internasional, nasional maupun regional.

Scroll untuk melihat berita

Selain prestasi itu ada catatan di pasca pandemi Covid-19, menyebut bahwa perekonomian Jawa Timur cepat bangkit di atas rata-rata nasional.

Di Triwulan ll 2022 tumbuh impresif, pertumbuhan ekonomi Jawa Timur sebesar 5,74 persen (y-o-y) dan tertinggi se Pulau Jawa atau tumbuh di atas rata-rata Nasional yang mencapai 5,44 persen (y-o-y).

Adapun realisasi investasi Triwulan ll di 2022 di Jawa Timur menunjukkan capaian kinerja yang menggembirakan. Tercatat realisasi investasi mengalami kenaikan pada triwulan ll di 2022 (yoy) sebesar 69,2 persen. Angka ini melebihi pertumbuhan investasi nasional sebesar 35,5 persen.

Jawa Timur juga semakin memperkuat predikatnya sebagai Provinsi Lumbung Pangan Nasional dengan keberhasilannya meraih status sebagai Provinsi dengan produksi padi Nomor 1 Nasional yaitu sebesar 9,94 Juta Ton gabah kering giling.

Di samping itu, Jawa Timur merupakan Provinsi dengan kontribusi Nomor 1 Nasional untuk komoditas Jagung, Cabe rawit, Bawang Merah, Mangga, Pisang, dan Mawar.

Demikian pula untuk komoditas pangan lain yang meliputi sapi potong, sapi perah, ayam petelur, daging, telur, susu, gula kristal tebu, tembakau dan garam yang juga merupakan Nomor 1 Nasional.

“Jawa Timur juga merupakan eksportir tertinggi Nasional untuk komoditas perikanan meliputi tuna, cakalang, tongkol dan udang,” papar Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jatim di sela upacara HUT Provinsi Jatim ke-77 di Grahadi, Rabu (12/10/2022).

Dalam hal pertumbuhan ekonomi inklusif, ditandai dengan pertumbuhan ekonomi tinggi dan menurunnya angka kemiskinan.

Untuk periode Maret 2021 – Maret 2022 penurunan kemiskinan Nasional sebanyak 391.400 jiwa (28,3 %), merupakan capaian penurunan tertinggi di antara semua provinsi di lndonesia.

Penurunan kemiskinan itu berseiring dengan meningkatnya status kemandirian desa dari 2021 sebesar 697 Desa Mandiri menjadi 1.490 Desa Mandiri di 2022, atau meningkat 113,77 %, sekaligus zero desa tertinggal dan desa sangat tertinggal. Jumlah desa mandiri Jawa Timur merupakan yang tertinggi di lndonesia.

Sedangkan dalam hal kualitas birokrasi, berkomitmen untuk perbaikan tata Kelola pemerintahan dalam mewujudkan pemerintahan yang efektif, efisien, bersih dari KKN.

Hal ini juga dibuktikan dengan perolehan predikat WTP selama kurun waktu tujuh tahun terakhir (2015 2021).

Jawa Timur juga telah membuktikan berkinerja terbaik dalam penerapan Standar Pelayanan Minimal (SPM) di 2021 dengan capaian sebesar 99,36% yang merupakan capaian tertinggi nasional.

“Berbagai capaian dan prestasi tersebut menjadi penyemangat bagi seluruh rakyat Jawa Timur untuk bisa lolos dari situasi global yang penuh ketidakpastian. Insya Allah dengan segenap kemampuan yang kami miliki, Jawa Timur optimis bangkit,” urainya.

Gubernur Khofifah juga menjelaskan bahwa capaian prestasi pembangunan di Jawa Timur ini merupakan hasil kerja keras semua elemen strategis di Jawa Timur khususnya DPRD Provinsi Jawa Timur, Forkopimda Jatim, Bupati / Wali Kota se Jatim, perguruan tinggi, media, tokoh agama, pelaku dunia usaha, organisasi kemasyarakatan, organisasi profesi, instansi vertikal dan semua warga Jawa Timur secara keseluruhan.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *