Advertorial

Wabup Sumrambah Perkuat Kolaborasi dan Serius Tangani Stunting di Jombang

76
×

Wabup Sumrambah Perkuat Kolaborasi dan Serius Tangani Stunting di Jombang

Sebarkan artikel ini
Stunting Jombang
Kegiatan rapat koordinasi penyusunan laporan TPPS Kabupaten Jombang Jawa timur, ketika berlangsung.

Menurut Wabup Sumrambah munculnya stunting adalah dipicu adanya persoalan gaya hidup.

Saat ini para calon ibu takut gemuk, sehingga muncul budaya diet. Sehingga saat hamil dan pasca melahirkan tidak berupaya bagaimana memenuhi kebutuhan nutrisi baik bagi ibu dan bayi dengan baik, tapi malah diet. Selain itu persoalan ilmu pengetahuan dan kemiskinan.

Scroll untuk melihat berita

“Ini semua yang harus dibedah dan dianalisa, sehingga masing-masing OPD dapat mengambil peran dan melakukan langkah-langkah strategis untuk dapat menyelesaikan persoalan Stunting menjadi zero,” tutur Wabup Sumrambah, mengurai peran yang harus diambil tiap OPD.

Wabup Sumrambah juga menegaskan bahwa peran pemerintah daerah dan pemerintahan desa menjadi ujung tombak dari penanganan stunting.

“Terlebih untuk pemerintahan desa perannya menjadi lebih strategis, karena menjadi pihak yang paling dekat dan bersentuhan langsung dengan akar rumput,” katanya.

“Melalui Rakor TPPS ini saya berharap tidak hanya menjadi kegiatan seremonial, akan tetapi menjadi aksi nyata. Sebab ini merupakan sebuah tugas kemanusiaan bagi kita semua dalam melakukan percepatan penurunan stunting khususnya di Kabupaten Jombang,” pungkasnya.

Sekadar diketahui dalam kesempatan tersebut, Kepala DPPKB dan PPPA dr Puji Umbaran MKP juga menyampaikan langkah yang telah dilaksanakan oleh dinasnya dalam menurunkan kasus stunting.

“Mari kita bersama cegah stunting agar benar benar dapat mewujudkan masyarakat Jombang yang berkarakter dan berdaya saing,” tuturnya.

Dalam Rakor Penyusunan Laporan TPPS tersebut, peserta yang hadir mendapatkan materi Sosialisasi Penyusunan Laporan TPPS kabupaten/kota semester I & II oleh Abdul Fatah Fanani, serta dilanjutkan dengan diskusi kelompok membahas capaian indikator setiap bidang bersama Milli – Satgas Provinsi Jawa Timur.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *