Advertorial

Wabup Sumrambah Perkuat Kolaborasi dan Serius Tangani Stunting di Jombang

74
×

Wabup Sumrambah Perkuat Kolaborasi dan Serius Tangani Stunting di Jombang

Sebarkan artikel ini
Stunting Jombang
Kegiatan rapat koordinasi penyusunan laporan TPPS Kabupaten Jombang Jawa timur, ketika berlangsung.

BERITABANGSA.COM-JOMBANG – Pemerintah Kabupaten Jombang terus berkomitmen mendukung pelaksanaan program Nasional yakni membebaskan generasi muda Indonesia, khususnya di Kabupaten Jombang dari stunting.

Sebagaimana ditargetkan prevalensi stunting di Kabupaten Jombang dapat ditekan dari 21, 2 persen pada 2021 menjadi 14 persen pada 2024.

Scroll untuk melihat berita

Guna mencapai target besar itu, Wakil Bupati Jombang Sumrambah meminta para pemangku kepentingan melakukan berbagai upaya dengan fokus pada lima pilar strategi nasional percepatan penurunan stunting (Stranas Stunting).

Sebagaimana dimandatkan oleh Peraturan Presiden nomor 72 tahun 2021 tentang percepatan penurunan stunting.

Penguatan pelaksanaan 5 pilar Stranas dalam percepatan penurunan stunting di Kabupaten Jombang yang telah terlaksana diantaranya peningkatan komitmen dan visi kepemimpinan pemerintah kabupaten dan pemerintah desa dengan adanya tagging anggaran daerah dalam percepatan penurunan stunting baik dari APBD, APBN maupun APBDes.

Juga didorong terjadinya peningkatan komunikasi dan perubahan perilaku dan pemberdayaan masyarakat.

Kemudian peningkatan konvergensi intervensi spesifik dan intervensi sensitif di pemerintah kabupaten dan pemerintah desa.

Termasuk peningkatan ketahanan pangan dan gizi pada tingkat individu, keluarga dan masyarakat; penguatan dan pengembangan sistem, data, riset, informasi dan inovasi.

Di dalamnya terdapat kolaborasi semua elemen masyarakat. Sehingga tetap menjadi kunci dari upaya penanganan stunting demi mewujudkan Indonesia sehat.

“Pencegahan dan penanggulangan stunting itu penting. Butuh kolaborasi seluruh OPD juga keseriusan dan kemauan semua pihak. Karena ini menyangkut sumberdaya manusia Indonesia ke depan,” ujar Sumrambah Wakil Bupati Jombang saat membuka Rakor Penyusunan Laporan Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Jombang – Provinsi Jawa Timur 2022 di ruang Shafa Marwah – Green Red Hotel Jombang, Selasa (29/11/2022) pagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *