Advertorial

Ribuan Warga dan Etnis Tionghoa Tumpah di Sepanjang MH Thamrin Kenang Tradisi Perayaan Cap Go Meh 2023

115
×

Ribuan Warga dan Etnis Tionghoa Tumpah di Sepanjang MH Thamrin Kenang Tradisi Perayaan Cap Go Meh 2023

Sebarkan artikel ini
Cap go meh
Puncak Acara Cap Go Meh Sebagai Penutup Perayaan Tahun Baru Imlek 2023.

BERITABANGSA.ID – BOJONEGORO – Puncak perayaan Cap Go Meh sebagai penutup acara peringatan tahun baru Imlek 2023 di Bojonegoro berlangsung meriah.

Ribuan warga dan etnis Tionghoa tumpah ruah di sepanjang Jalan MH Thamrin Bojonegoro Sabtu, 04/02/2023.

Perayaan perdana tahun baru Imlek dan Cap Go Meh 2023 bertajuk “Gemerlap Thamrin” ini terselenggara atas inisisasi Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.

Di acara Gemerlap Thamrin tersebut juga menampilkan beberapa pertunjukan seni tradisi Tionghoa seperti barongsai, liang-liong, parade lampion, ada pula oklik, reog dan bazar ekonomi kreatif kuliner khas Tionghoa (Chinese Food).

Beberapa peserta datang dari berbagai komunitas Tionghoa semisal Hok Swe Bio (HSB), Paguyuban Sosial Marga Tionghoa (PMSTI), Persatuan Islam Tionghoa (PITI), pelajar SMP, SMA, dan SMK bersatu padu turun ke panggung jalanan menghibur pengunjung di sepanjang jalan.

Tarian payung kali ini menyambut kedatangan Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah yang tampil dengan busana China.

Turut mendampingi, Forkopimda, dan jajaran Kepala OPD, menyapa ribuan pengunjung yang ingin menyaksikan perayaan Cap Go Meh.

Sebelumnya, dilakukan pemberangkatan peserta parade ditandai dengan pemukulan lonceng China oleh Bupati dan Forkopimda.

Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah menyampaikan, sesuai Keppres nomor 6 tahun 2000 era pemerintahan almarhum Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) tentang pencabutan instruksi Presiden tahun 1967 tentang agama, kepercayaan, dan adat istiadat China.

Sehingga penyelenggaraan kegiatan keagamaan, kepercayaan, dan adat istiadat China dapat dilaksanakan tanpa memerlukan izin khusus sebagaimana berlangsung selama ini.

“Sebagai bangsa besar yang Bhinneka Tunggal Ika, terdiri dari berbagai suku, bangsa, bahasa, etnis, dan ras, kami senantiasa bergotong royong untuk kebangkitan NKRI yang lebih baik,” ujarnya.

Pada hari ini dalam penutup perayaan tahun baru Imlek (Cap Go Meh) 2023, Pemkab Bojonegoro juga turut merayakan.

“Semoga festival ini menggugah kita untuk saling menjaga rasa persatuan, persaudaraan, toleransi antar sesama dalam mewujudkan ideologi Pancasila dan UUD 1945,” seru Bupati.

Lantunan nada syahdu tembang mandarin turut dilantunkan oleh Bupati Anna diikuti warga etnis Tionghoa ikut bernyanyi bersama menjadi semarak dalam gemerlap akhir pekan.

Hingga di penghujung acara, banyak pengunjung lokal maupun luar Bojonegoro yang masih menikmati malam dengan berburu kuliner, berswafoto, atau sekadar duduk santai di bangku Taman Thamrin.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *