Advertorial

Gus Muhdlor: Tuntaskan Betonisasi, Lalu Kembangkan Wisata Kampung Nelayan

46
×

Gus Muhdlor: Tuntaskan Betonisasi, Lalu Kembangkan Wisata Kampung Nelayan

Sebarkan artikel ini

BERITABANGSA.COM-SIDOARJO- Proyek betonisasi ruas jalan Betro-Kalanganyar Kecamatan Sedati segera dituntaskan. Betonisasi jalan utama menuju wisata kampung nelayan dan wisata pemancingan ikan bandeng itu segera dikerjakan 2022 ini sepanjang 850 meter.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor menyampaikan, pengerjaannya akan dimulai akhir Juni atau Juli 2022. Pembangunan infrastruktur jalan di kawasan Sedati Timur itu masuk program prioritas di Sidoarjo.

Gus Muhdlor sudah memproyeksikan sepanjang Jalan Betro-Kalanganyar akan dibeton guna memperlancar akses ekonomi di wilayah Sedati Timur. Karena kawasan tersebut sudah menjadi kawasan ekonomi wisata.

“Pengerjaannya akan dilakukan secara bertahap. Targetnya akan dibeton sampai ke Desa Kalanganyar,” terang Gus Muhdlor saat Gowes pagi, sidak Jalan rusak di ruas Betro-Kalanganyar, Sedati, Sabtu (4/3/2022).

Kampung nelayan Desa Kalanganyar itu sekarang sudah menjadi kawasan wisata. Khususnya wisata pemancingan. Selain itu, desa paling ujung timur Sidoarjo utara itu juga menyimpan potensi wisata alam yakni hutan mangroove.

Maka, pembangunan di kawasan kampung nelayan termasuk program prioritas infrastruktur.

Bupati Gus Muhdlor saat ini sedang meningkatkan infrastruktur jalan terlebih dulu baru kemudian fokus pengembangan obyek wisatanya.

Desa Kalanganyar dan sekitarnya, seperti Desa Cemandi adalah kawasan kampung nelayan. Selama ini program peningkatan infrastruktur dan pengembangan obyek wisatanya belum tergarap maksimal. Maka bupati alumni FISIP Unair Surabaya itu ingin kedua desa tersebut dikembangkan menjadi obyek wisata kampung nelayan dengan memberdayakan BUMDes.

“Desa Kalanganyar ini termasuk desa nelayan dan sudah menjadi obyek wisata bagi para penghobi mancing. Khususnya mancing ikan bandeng. Nanti bisa dikembangkan lagi, seperti wisata mangroovenya bisa digarap. BUMDesnya juga dikembangkan lagi karena potensi ekonomi desanya cukup tinggi. Yang penting infrastruktur jalannya dulu yang dibenahi,” terang putra KH. Agoes Ali Masyhuri pengasuh Ponpes Bumi Sholawat Lebo Sidoarjo itu.

Sementara itu, Plt Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Dinas PU Bina Marga SDA Rizal Asnan mengungkapkan, proyek sudah lelang dan penandatanganan SPK (Surat Perintah Kerja). Maka pekerjaannya segera dimulai.

“Kalau tidak molor sekitar dua minggu lagi jalan rusak ruas Betro-Kalanganyar mulai dibeton. Panjangnya sekitar 850 meter. Betonisasi akan dilanjutkan lagi tahun depan seperti yang diperintahkan Pak Bupati,” terang Rizal yang ikut Gowes bersama bupati.

Rizal juga menyampaikan, selain proyek betonisasi 17 titik dengan panjang sekitar 21 km. Tahun ini Dinas PU akan mengerjakan proyek pemeliharaan jalan di 68 titik yang tersebar di 18 kecamatan.

>>>Ikuti Berita Lainnya di News Google Beritabangsa.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *