Bupati Bojonegoro Bersama Sekretaris Utama BMKG Tandatangani MoU Mitigasi Bencana

BMKG MoU
Tampak Bupati Bojonegoro Dan Sekretaris Utama Menandatangani MOU Mitigasi Bencana

BERITABANGSA.COM – BOJONEGORO – Bertempat di Ruang Rapat Kantor Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Jakarta. Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah dan Kepala Sekretaris Utama BMKG, Dwi Budi Sutrisno, menandatangani MoU tentang “Pelayanan Informasi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika dalam rangka Penanggulangan Bencana di Wilayah Kabupaten Bojonegoro,” Senin, 05/12/2022, pagi.

Acara yang diselenggarakan sebagai upaya penanggulangan dini kebencanaan di Kabupaten Bojonegoro tersebut memfokuskan pada beberapa hal diantaranya : Pemanfaatan data informasi meteorologi dalam penanggulangan banjir Kab. Bojonegoro.

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  Sambut Hari Pahlawan Nasioal, PT KAI Daop 8 Surabaya Sosialisasi Pahlawan Lalu Lintas
banner 1024x1453

Upaya memprediksi cuaca dipadukan dengan pengelolaan lingkungan dan SDM baik melalui penghijauan hingga SLCN (Sekolah Lapang Cuaca Nelayan) .

Kemudian perencanaan alat AWS (Automatic Weather Station) untuk pengumpulan data cuaca secara otomatis dan realtime.

Dan panduan langsung perencanaan pembangunan guna penanggulangan bencana.

Sekretaris Umum BMKG menyambut baik koordinasi dan konsolidasi tersebut. Pihaknya menyatakan siap mendukung program pemerintah daerah dalam penanggulangan bencana.

“Kami telah menyiapkan sistem informasi yang aktual dimana dapat diakses oleh semua pihak. Selanjutnya kita siapkan SDM yang kompeten dan sarana dan prasarana pendukung lainnya untuk menunjang upaya mitigasi bencana. Seperti SLCN dan AWS yang realtime untuk pemanfaatan update cuaca serta pendukung sektor pertanian dan perkebunan juga,” ungkap Dwi Budi Sutrisno.

Berita Menarik Lainnya:  Khofifah Sempatkan Tengok Pebalap Mario di Mandalika

Bupati Bojonegoro menyampaikan apresiasi atas dukungan langsung BMKG kepada Pemkab Bojonegoro dalam mitigasi kebencanaan banjir di Kabupaten Bojonegoro.

Hingga saat ini, beberapa upaya yang dilakukan Pemkab Bojonegoro telah dilaksanakan melalui pembangunan sarpras mampu meminimalisir dampak banjir yang sering terjadi tiap tahunnya.

Ke depan, dalam Rancangan Pembangunan Daerah Kabupaten Bojonegoro, Anna Mu’awanah , akan menyiapkan beberapa sektor dengan matang terhadap persoalan yang ada di Bojonegoro, khususnya sektor mitigasi bencana.

“Salah satu upaya kami yaitu turut melibatkan BMKG dalam penanggulangan kebencanaan di Kabupaten Bojonegoro. Harapannya kami memperoleh bimbingan langsung dalam mempersiapkan upaya penanggulangan banjir melalui program pembangunan Pemkab Bojonegoro,” papar Anna Mu’awanah

Berita Menarik Lainnya:  Pemkab Bondowoso Jalin Kerjasama Hukum PTUN Bersama Kejari

Dalam kesempatan tersebut penandatanganan dihadiri oleh Kepala Pusat Meteorologi Publik, Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami, Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah III, Kepala Stasiun Meteorologi Kelas I Juanda, Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Kelas II Tanjung Perak, Kepala Stasiun Klimatologi Kelas II Jawa Timur, Kepala Stasiun Geofisika Kelas II Pasuruan, Kepala Stasiun Meteorologi Kelas III Tuban, Kepala Stasiun Geofisika Kelas III Nganjuk, dan Kepala BPBD Kabupaten Bojonegoro serta OPD terkait.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.com

banner 600x310

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *