Agar Menjadi Percontohan Kampung lainnya, Sebutannya ‘Kampoeng Oenik’

Surabaya, Beritabangsa.com – Bermacam-macam kearifan lokal perkampungan Kota Surabaya, salah satunya di daerah Keputran Kecamatan Tegalsari. Pasalnya kampung ini terkenal dengan Kampoeng Oenik tanpa menerapkan iuran bagi warganya.

Seperti halnya yang dikatakan Pak Keong sesepuh kampung Keputran II RT.01 RW.01 Kelurahan Keputran, Kecamatan Tegalsari Kota Surabaya. Menurut dirinya, perkampungan unik tersebut agar menjadi percontohan kampung lainnya.

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  Bupati Bondowoso Bacakan Sumpah Jabatan Fungsional Guru Secara Online
banner 1024x1453

Selain tidak memungut iuran kepada warga, kampung di wilayah Keputran II ini biasa disebut kampung bersih, karena banyak tanaman yang membuat asri. Hal ini semata-mata agar menjadi percontohan kampung yang lain,” kata sesepuh Keputran II kepada Berita Bangsa. Selasa (8/10/2019).

Sementara Ketua RT 01 Ibu Amin menuturkan, tidak adanya pungutan atau iuran warga di kampung Keputran II itu sudah lama diberlakukan, semenjak 15 – 16 tahun yng lalu.

Berita Menarik Lainnya:  ITS Ciptakan Drone Kapal Pencari Korban Kecelakaan Laut

Semenjak 15 tahun lebih masyarakat sudah tidak ada pungutan atau iuran. Karena kami ingin menjadi warga yang berdikari, kami juga tidak ingin membebani warga dengan segala bentuk iuran,” tuturnya.

Selain itu, lanjut Ketua RT 01, kampung Keputran II juga memberdayakan Pemuda pemudi Karang Taruna. Berbagai macam program yang bermanfaat kepada warga tidak mampu sudah dilakukan.

Berita Menarik Lainnya:  Pemkab Bojonegoro Juara 1 Nasional Desa Mandiri Terbanyak se-Indonesia

Karang Taruna sangat pro aktif melakukan kegiatan sosial dengan nama Berbagi Masyarakat Sejahtera’ diantaranya membagikan sembako kepada para janda yang kurang mampu dan lain sebagainya,” imbuhnya.

Untuk diketahui, berbagai fasilitas gratis di kampung bersih yang diperuntukan bagi warga umum diantaranya: Free Wifi, Sumber air sumur, cuci motor, televisi, karaoke, berbagai macam Tanaman Asri, Kursi dan karpet gratis. (Decan/Red)

banner 1024x1280

Pos terkait

banner 600x310

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *